Pelayanan Informasi Obat (PIO) di Rumah Sakit


Pengertian Pelayanan Informasi Obat
Pelayanan Informasi Obat (PIO) didefinisikan sebagai kegiatan penyediaan dan peberian informasi, rekomendasi obat yang independen, akurat, komprehensif, terkini oleh apoteker kepada pasien, masyarakat maupun pihak yang memerlukan di rumah sakit. Pelayanan informasi obat meliputi penyediaan, pengelolaan, penyajian, dan pengawasan mutu data/informasi obat dan keputusan profesional. Penyediaan informasi obat meliputi tujuan, cara penyediaan, pengolahan, dan pengawasan mutu data/informasi obat.

Tujuan :
  1. Menunjang ketersediaan dan penggunaan obat yang rasional, berorientasi kepada pasien, tenaga kesehatan, dan pihak lain. 

  2. Menyediakan dan memberikan informasi obat kepada pasien, tenaga kesehatan, dan pihak lain. 

  3. Menyediakan informasi untuk membuat kebijakan-kebijakan yang berhubungan dengan obat terutama bagi PFT(Panitia Farmasi dan Terapi)/KFT(Komite Farmasi dan Terapi).

Ruang Lingkup Pelayanan :
  1. Pelayanan meliputi: menjawab pertanyaan, menerbitkan buletin, membantu unit lain dalam mendapat informasi obat, menyiapkan materi untuk brosur/leaflet informasi obat, mendukung kegiatan Panitia/Komite Farmasi dan Terapi dalam menyusun dan merevisi formularium 

  2. Pendidikan (terutama pada RS yang berfungsi sebagai RS pendidikan) meliputi: mengajar dan membimbing mahasiswa, memberi pendidikan pada tenaga kesehatan dalam hal informasi obat, mengkoorninasikan program pendidikan berkelanjutan di bidang informasi obat, membuat/menyampaikan makalah seminar/simposium 

  3. Penelitian meliputi: melakukan penelitian evaluasi penggunaan obat (EPO), melakukan penelitian penggunaan obat baru, melakukan penelitian lain yang berkaitan dengan penggunaan obat, baik secara mendiri maupun bekerja sama dengan pihak lain, melakukan kegiatan program jaminan mutu

Sasaran Informasi Obat
  1. Pasien dan atau keluarga pasien 

  2. Tenaga kesehatan : dokter, dokter gigi, apoteker, perawat, bidan, asisten apoteker, dll 

  3. Pihak lain: manajemen, tim/kepanitian klinik, dll

Persyaratan SDM
  1. Mempunyai kemampuan mengembangkan pengetahuan dan keterampilan dengan mengikuti pendidikan pelatihan yang berkelanjutan. 

  2. Menunjukkan kompetensi profesional dalam penelusuran, penyeleksian dan evaluasi sumber informasi, 

  3. Mengetahui tentang fasilitas perpustakaan di dalam dan di luar RS, metodelogi penggunaan data elektronik. 

  4. Memiliki latar belakang pengetahuan tentang terapi obat. 

  5.  Memiliki kemampuan berkomunikasi baik secara lisan maupun tulisan.

Metode PIO
  1.  PIO dilayani oleh apoteker selama 24 jam atau on call disesuaikan dengan kondisi RS. 

  2.  PIO dilayani oleh apoteker pada jam kerja, sedang di luar jam kerja dilayani oleh apoteker instalasi farmasi yang sedang  tugas jaga. 

  3. PIO dilayani oleh apoteker pada jam kerja, dan tidak ada PIO diluar jam kerja. 

  4. Tidak ada petugas khusus, PIO dilayani oleh semua apoteker instalasi farmasi, baik pada jam kerja maupun di luar jam kerja. 

  5. Tidak ada apoteker khusus, PIO dilayani oleh semua apoteker instalasi farmasi di jam kerja dan tidak ada PIO di luar jam kerja.

Sarana dan Prasarana
Sarana dan prasarana PIO disesuaikan dengan kondisi RS. Jenis dan jumlah perlengkapan bervariasi tergantung ketersediaan dan perkiraan kebutuhan akan perlengkapan dalam pelaksanaan PIO

Sarana ideal untuk PIO, sebaiknya disediakan sarana fisik, seperti :
  1. Ruang kantor 

  2. Ruang rapat 

  3. Perpustakaan 

  4. Komputer 

  5. Telepon dan faksimili 

  6. Jaringan internet, dll 

  7.  In house data base

Apabila tidak ada sarana khusus, pelaksanaan PIO dapat menggunakan ruangan instalasi farmasi beserta perangkat pendukungnya.

Contoh Lembar PIO

LEMBAR PELAYANAN INFORMASI OBAT








No: ……   Tgl: ………  Waktu: ………   Metode: lisan/pertelp./tertulis
      1. Identitas Penanya
  Nama: …………………………                       Status: …………………
  No. Telp: ……………………
    2.  Data pasien
   Umur: …………………             Berat: …………... kg          
   Jenis Kelamin: L/P
   Kehamilan: Ya/Tidak …………. minggu
   Menyusui: Ya/Tidak           Umur bayi: ………..
    3.    Pertanyaan
   Uraian permohonan
   ...........................................................................................
   ...........................................................................................
   ...........................................................................................
  Jenis permohonan
ÿ Identifikasi obat             ÿ Dosis
ÿ Antiseptik                      ÿ Interkasi obat
ÿ Stabilita                        ÿ Farmakokinetik/Farmakodinamik
ÿ KontraIndika                  ÿ Keracunan
ÿ Ketersediaan obat          ÿ Penggunaan Terapetik
ÿ Harga obat                    ÿ Cara pemakaian
ÿ ESO                              ÿ Lain-lain       
    4.    Jawaban
    ..........................................................................................
    ..........................................................................................
    ..........................................................................................
 
    5.    Referensi
    ..........................................................................................
    ..........................................................................................
   
    6.    Penyampaian Jawaban : Segera dalam 24 jam, > 24 jam
   Apoteker yang menjawab: ………………………………………….
   Tgl: …………………………                    Waktu: …………………….
Metode Jawaban: lisan/tertulis/pertelp